Translate

Senin, 20 Juni 2016

Battery operated guitar pedal (Part 1)

Berbagai merek power supply untuk pedal efek gitar (gambar dari premiereguitar.com)
Gitar listrik tidak dapat terpisahkan dari efek gitar atau pedal efek. Umumnya pedal efek gitar mendapatkan dayanya dari adaptor listrik atau baterei alkaline. Bila pedal efek yang dipakai menjadi banyak, biasanya gitaris menata pedalnya di atas sebuah pedalboard dan mengganti adaptor-adaptor listrik bawaan pedal efek tersebut dengan sebuah power supply khusus yang dapat mencatu semua pedal sekaligus, membuat penataan pedalboard menjadi ringkas dan rapi. Hal ini dimungkinkan karena 90 persen pedal efek yang ada menggunakan colokan barrel 5,5x2,1mm tegangan DC 9Volt dan membutuhkan arus yang cukup kecil. Kalaupun ada pedal yang membutuhkan tegangan atau colokan yang berbeda, biasanya power supply tersebut juga sudah menyiapkan tegangan dan colokan yang sesuai.

Bersyukurlah buat gitaris yang koleksi pedal efeknya hanya menggunakan colokan standard DC 9Volt saja, karena solusi untuk power supplynya bisa menjadi lebih murah dan sederhana, bahkan seiring dengan perkembangan teknologi baterai yang dapat diisi ulang (rechargeable battery), seperti lithium-ion atau lithium-polymer, membuka alternatif baru pengganti adaptor listrik dan baterai alkaline.

Kini bermain gitar listrik di mana saja dimungkinkan berkat adanya USB power bank yang memiliki tegangan keluaran DC 9V, memungkinkan kita menulis atau memainkan lagu di mana saja dan kapan saja kita inginkan tanpa harus berada dekat dengan stop kontak listrik. Kini semua peralatan gitar listrik seperti multiefek, stompbox, wireless relay, tuner, pedalboard, bahkan ampli gitar dan lain sebagainya dapat dinyalakan tanpa membutuhkan adaptor atau colokan listrik berkat adanya USB power bank khusus ini.

Artikel ini akan saya bagi dalam dua bagian, bagian pertama ini membahas opsi yang mungkin akan saya gunakan untuk mencatu perangkat multiefek gitar saya. Pada artikel bagian kedua, saya akan membahas lebih detail cara menghubungkan power bank dengan perangkat yang telah saya miliki.

USB Power Bank dengan keluaran 9V atau 12V
Power bank LPTech YM03 buatan China ini memiliki kapasitas 10.000mAh menggunakan baterai lithium-polimer 3.7V dan dua buah colokan untuk keluaran (output), yakni port keluaran USB 5V/2A yang dapat digunakan untuk mengcharge handphone, tablet, Zoom G3X, dan lainnya, serta colokan untuk tegangan keluaran DC 9V atau 12V. Namun kedua port ini tidak dapat digunakan secara bersamaan. Untuk mengisi ulang mobile power bank ini, disediakan adaptor DC 9V/1A.

Menurut myvolts.com, rata-rata pedal gitar membutuhkan arus 80mA. Dengan asumsi tersebut dan hitungan kapasitas daya dari LPTech YM03, maka power bank ini dapat mencatu daya sebuah pedal gitar selama 51 jam nonstop. Dan untuk mencatu Boss GP-10 yang membutuhkan arus 350mA, maka power bank ini dapat bertahan hingga setidaknya 12 jam sebelum kehabisan daya, dengan harga USD 40 tentulah kapasitas ini cukup memadai, Bila pedalboard Anda terdiri atas beberapa buah pedal gitar, maka dibutuhkan kabel daisy chain atau power splitter, namun pastikan bahwa total arus yang dibutuhkan seluruh pedal gitar tersebut tidak melebihi 2000mA.

Bila kapasitas 10.000mAh dirasa kurang atau Anda memiliki banyak peralatan yang membutuhkan daya besar, maka pilihan kapasitas 20.000mAh atau bahkan lebih juga tersedia, tentunya dengan harga yang disesuaikan. Sebagai contoh: Poweradd Pilot Pro 32000mAh memiliki lebih banyak pilihan tegangan keluaran (9V/12V/16V/19V/20V) serta arus keluaran hingga 4,5A (4.500mA) di amazon.com dibanderol dengan harga USD 129,99.

Dalam menyiapkan artikel ini, saya menemukan bahwa Pedaltrain, perusahaan aksesori alat musik butik asal Amerika (yang kita kenal lewat berbagai produk pedalboardnya), ternyata telah membuat power bank khusus untuk pedal gitar; Volto, dengan kapasitas 5.000mAh (USD 99.95).


Volto, rechargeable pedal power supply
Keuntungan menggunakan power bank:
  • Bebas berekspresi dimana saja tanpa harus dekat dengan stop kontak listrik
  • Lebih murah dan ramah lingkungan dibanding harus membeli ribuan baterai kotak 9Volt
  • Mudah diisi ulang hingga ratusan kali
  • Bentuknya yang tipis dan kecil membuat pedalboard menjadi sangat ringkas dan mobile.
  • Dapat mengeliminasi noise dengung (hum) akibat ground loop ataupun noise dari jaringan listrik.
Keterbatasan menggunakan power bank:
  • Dibutuhkan beberapa powerbank bila mencatu pedal efek yang membutuhkan tegangan masukan yang berbeda-beda.
  • Satu power bank terbatas hanya bisa mencatu beban hingga maksimum 2.000mA saja.

Alternatif lain, Anda dapat menggunakan power bank USB biasa dan mengkonversi tegangan keluaran power bank tersebut  dari 5V menjadi 9V dengan menggunakan USB 5V to 9V DC to DC Step Up Booster seperti gambar di bawah.
Kiri: kabel generic 5V USB to 9V standard 2.1mm barrel connectors  buatan China, kanan: Ripcord - The plug 'n play anywhere USB power cable (kickstarter price sekitar 200.000 rupiah)
Dengan kabel ini, semua jenis power bank USB 5Volt dapat dimanfaatkan untuk menggantikan baterai dan adaptor peralatan gitar listrik kita. Namun dengan kabel ini arus hasil konversi maksimum hanya 800 sampai 1.000mA saja.

Perhatikan bahwa kabel USB spesial ini berisi rangkaian elektronik penaik tegangan, jadi bukan asal kabel saja. Lalu apa yang membuat Ripcord lebih mahal dari kabel generic buatan China? Secara rangkaian elektronik mungkin sama, namun desain anatomi kabel Ripcord dari Irlandia ini benar-benar memperhatikan kebutuhan musisi, di antaranya: desain bodi plastiknya yang penuh estetika, memiliki kancing aluminium dan pull strap yang berfungsi sekaligus sebagai pengikat kabel, menggunakan bungkus kabel anyaman kualitas tinggi mencegah kabel mudah terbelit atau menjadi kusut. Saat artikel ini ditulis, proyek kickstarter Ripcord sudah ditutup dan dalam tahap pembuatan.

Foto elektronik penaik tegangan DC 5V ke 9V

Bagaimana, Anda tertarik untuk memakai power bank untuk peralatan gitar Anda?

Referensi:
http://www.aliexpress.com/item/Free-shiping-Real-10000mAh-External-Battery-Pack-USB-5V-DC-Output-9V-12V-2A-for-Tablet/1610359278.html
http://myvolts.com/Ripcord_Pledge_Calculator
http://www.premierguitar.com/articles/21324-tools-for-the-task-pedalboard-power-supplies

Tidak ada komentar:

Posting Komentar